Formasi Barcelona Musim Depan Dengan Griezmann

BolaHola.com – Pada hari Jumat (12/7), Antoine Griezmann resmi menjadi rekrutan keempat Barcelona pada bursa transfer musim panas ini. Lantas, bagaimana Ernesto Valverde selaku pelatih akan menerapkan formasinya dengan kehadiran pemain asal Prancis tersebut?

Griezmann didatangkan ke Camp Nou setelah Barcelona menebus klausul pembelian senilai 120 juta euro. Transfer ini sedikit bermasalah, sebab Atletico Madrid selaku mantan klub mengklaim bahwa klausul pembeliannya masih sebesar 200 juta euro.

Los Rojiblancos sendiri telah menyatakan akan mengambil jalur hukum untuk melayangkan tuntutan kepada kedua belah pihak. Tapi satu hal yang pasti, Griezmann saat ini masih berstatus sebagai pemain anyar Barcelona.

Dengan kehadiran pemain berumur 27 tahun itu, Valverde pun punya banyak opsi untuk sektor depannya. Belum lagi jika Barcelona benar memulangkan salah satu mantan pemainnya, Neymar, dari klub kaya raya Prancis bernama PSG itu.

Goal International memberikan gambaran soal formasi yang bisa digunakan oleh Barcelona dengan kehadiran Griezmann dan, mungkin, Neymar.

4-3-3 dengan Trio MSG

Di sepanjang musim 2018-2019 lalu, Valverde hampir tak pernah mengubah formasi andalannya yakni 4-3-3. Ia kerap menggunakan Lionel Messi, Luis Suarez, dan salah satu dari Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho di lini depan.

Dengan Griezmann, maka Dembele dan Coutinho bisa saja terdepak dari formasi inti Barcelona musim depan. Masalahnya, di mana kah mantan pemain mantan pemain Real Sociedad itu akan ditempatkan?

Di Atletico Madrid, Griezmann kerap ditempatkan di belakang striker konvensional seperti Alvaro Morata atau Diego Costa. Tapi yang perlu diingat, Griezmann sejatinya beroperasi di sektor sayap kiri berhubung dirinya dominan menggunakan kaki kiri.

Namun potensi Griezmann akan lebih baik jika ditempatkan di sisi kanan, yang tentunya bakalan membuatnya bisa melakukan tusukan ke kotak penalti lawan. Tapi posisi tersebut sudah pasti akan diisi oleh sang bintang Barcelona, Lionel Messi.

Sehingga, sejauh ini, posisi terbaik untuk Griezmann dalam formasi 4-3-3 milik Valverde adalah sektor kiri. Dengan keahliannya menggunakan kaki kiri, ia diharapkan bisa memanjakan Suarez dan Messi dengan umpan silang apik.

4-2-3-1 Bersama Neymar

Mari sedikit berandai-andai jika Barcelona berhasil mendatangkan Neymar pada bursa transfer musim panas ini. Tentunya, sang juara La Liga itu harus menghadapi Financial Fair Play jika tak mampu mengatur keuangannya dengan baik.

Tapi jika pemain asal Brasil tersebut datang, maka lini pertahanan lawan harus banyak-banyak berdoa. Bek manapun, harus bekerja ekstra keras untuk menahan pergerakan dari Luis Suarez, Neymar, Lionel Messi, dan juga Antoine Griezmann.

Neymar, Messi, dan Griezmann akan ditempatkan satu garis dan Suarez bisa ditempatkan sebagai striker tungga. Dan keberadaan Sergio Busquets serta Frenkie De Jong sebagai penopang di lini tengah diharapkan bisa membuat aliran bola dari lini belakang semakin lancar.

4-3-3 dengan Trio yang Berbeda

Kembali, Barcelona bisa menggunakan formasi favorit Valverde dengan tiga striker. Namun tentunya dengan susunan yang berbeda. Kali ini, mari berandai-andai jika Suarez berhalangan tampil karena cedera atau akumulasi kartu.

Untuk ini, Griezmann bisa ditempatkan sebagai penyerang utama dan disokong oleh Lionel Messi yang beroperasi di sektor kanan. Sementara itu, sisi kiri akan diserahkan kepada penyerang lainnya, yakni Ousmane Dembele.

Berbeda dengan Griezmann, Messi, atau bahkan Suarez yang sudah dimakan usia, Dembele bisa memberikan dimensi baru. Pemain asal Prancis tersebut bisa mengoyak pertahanan lawan dengan kecepatan miliknya dan mungkin akan membuat stamina bek terkuras untuk mengejarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *